jejak-kaki-manusia-berusia-100000-tahun-ditemukan-di-maroko-5_169

Temuan Jejak Kaki di Maroko: Fakta atau Mitos Kenaikan Laut?

Baru-baru ini, sebuah klaim yang beredar luas mengungkapkan bahwa penemuan jejak kaki kuno di Maroko menjadi bukti bahwa permukaan laut pernah naik drastis di masa lalu. Dalam sebuah postingan X, Steve Milloy, mantan kontributor Fox News, mengklaim bahwa jejak kaki tersebut menunjukkan permukaan laut 20-30 meter lebih tinggi sekitar 90.000 tahun lalu, saat tingkat CO2 pra-industri sebesar 275 ppm. Klaim ini merujuk pada sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature Briefing pada Januari lalu.

Namun, penelitian tersebut sebenarnya berfokus pada jejak kaki Homo Sapiens di pantai Afrika Utara tanpa mengaitkan temuan ini dengan perubahan iklim global. Juan Morales, profesor di Universitas Huelva dan salah satu peneliti, menyatakan bahwa penelitian mereka tidak menghubungkan temuan ini dengan perubahan iklim.

Morales menjelaskan bahwa penemuan jejak kaki manusia purba di pantai Maroko menunjukkan bahwa permukaan laut 95 ribu tahun lalu mungkin tidak jauh berbeda dengan saat ini. Fenomena isostatic rebound, yaitu kenaikan daratan akibat hilangnya berat lapisan es, menjadi salah satu penjelasan yang mungkin. Ahli geomorfologi pesisir dari Trinity College, Iris Moller, menambahkan bahwa tabrakan lempeng Afrika dan Eurasia menyebabkan pengangkatan pantai yang terkadang disalahartikan sebagai kenaikan permukaan laut.

Laporan IPCC PBB tahun 2021 menunjukkan bahwa rata-rata permukaan air laut meningkat dari 1,3 mm per tahun pada periode 1901–1971 menjadi 3,7 mm per tahun pada 2006–2018. Essam Heggy dari University of Southern California mengonfirmasi bahwa kenaikan permukaan laut global telah meningkat lebih cepat sejak tahun 1900 dibandingkan perubahan selama ribuan tahun sebelumnya.


Nikmati Bonus dan Jackpot di Gigaspin88

Bergabunglah dengan Gigaspin88 dan nikmati pengalaman bermain game online terbaik! Kami menawarkan berbagai permainan menarik dengan peluang jackpot besar dan kemenangan yang menggiurkan. Daftarkan diri Anda sekarang dan dapatkan bonus welcome hingga 100%! Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meraih kemenangan besar di Gigaspin88. Segera bergabung dan rasakan sensasi bermain yang luar biasa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *